Sabtu, 18 Mei 2013 - 13:18:44 WIB
Sumut Lahan Korupsi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum - Dibaca: 128 kali


Jejak berita,  MEDAN - Kasus korupsi yang melibatkan sejumlah kepala daerah di Sumut mengindikasikan provinsi ini telah “darurat korupsi”. Tak salah jika Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) mulai turun gunung ke Sumut.

“Ini warning, sehingga kalau ada bahasa yang mengatakan bahwa Sumut darurat korupsi, ya seperti itulah keadaannya,” ujar penggiat demokrasi dan antikorupsi, H Razman Arif, di Medan.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Constitusi Watch (Icon Watch) ini, cukup banyak kepala daeraha asal Sumut yang tersandung hukum dan meringkuk di penjara. Di antaranya Abdillah dan Ramli Lubis, mantan Walikota dna Wakil Walikota Medan, Syamsul Arifin (mantan Gubsu).

Bahkan, saat ini yang terancam masuk penjara karena korupsi adalah Walikota Medan Rahudman Harahap dan Bupati Madina Hidayat Batubara. “Ini kan tamparan luar biasa kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,”ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini dugaan korupsi yang patut menjadi perhatian serius adalah dana bantuan sosial, Bantuan Hibah dan Dana Bantuan Bawahan (BDB). Pasal, Pemprovsu tidak memiliki indikator dan parameter yang jelas tentang kebijakan dana tersebut, sehingga rawan penyimpangan dan penyalahgunaan.

“Fungsi gubernur adalah koordinatif, dia tidak punya otoritas, karena dia perwakilan pemerintah pusat. Tapi kalau dia melakukan komitmen di luar yang patut dilakukan sesuai dengan kewenangannya, maka patut dicurigai ada sesuatu di dalamnya. Makanya, dari situ muncul dugaan-dugaan,” jelasnya.(dna)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Alamat Redaksi : Jl. Haji A. Manaf Lubis, Gg. Kami No. 5a
No. Telpon : 081370154070
Email : jejakberita@yahoo.com
NPWP : 31.389.961.9.124.000
CV : Hamton Ibrash